Hasibuan, Rodiatul Hasanah (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS KARAKTER DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VII SMP AL-WASHLIYAH 27 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 309311041 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM. 309311041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM. 309311041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 309311041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 309311041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 309311041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM. 309311041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 309311041 BAB I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
13. NIM. 309311041 BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM. 309311041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII SMP Al-Washliyah 27 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Al-Washliyah 27 Medan telah menerapkan pendidikan karakter pada mata pelajran PKn di Kelas VII SMP Al-Washliyah 27 Medan tahun pelajaran 2012/2013. Adapun alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara Observasi, Angket, dan Wawancara . jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Wasliyah 27 Medan yang berjumlah 40 orang dan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Wasliyah 27 Medan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Al-Washliyah 27 Medan telah menerapkan pendidikan karakter pada mata pelajaran PKn di kelas VII, namun penerapan karakter belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan angket frekuensi dan persentasi terbesar adalah yang menjawab A adalah rata-rata 27,95 responden (69,88%), yang menjawab B rata-rata 4,83 responden (10,88%), yang menjawab C rata-rata 3,53 responden (6,63%), yang menjawab D rata-rata 4,08 responden (6,13%), dan yang menjawab E rata-rata 7,43 responden (6,50%). Dari hasil analisis data bahwa implementasi pendidikan kewarganegaraan berbasis karakter dalam membentuk karakter siswa di kelas VII SMP Al-Washliyah 27 Medan tahun 2012-2013 dengan rata 27,95 (69,88%). Berdasarkan ketentuan penafsiran bahwa hasil angket menunjukkan kecenderungan jawaban antara 70 % - 89% yang berarti implementasi Pendidikan Kewarganegaraan berbasis karakter dalam membentuk karakter siswa kelas VII SMP Al-Washliyah 27 Medan Tahun Pelajaran 2012-2013 masih dalam kategori sedang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Has i |
Keywords: | Implementasi; Pndidikan kewarganegaraan; Karakter; Pendidikan karakter; Hipotesis. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17249 |