Meininta, Hervina (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013.
309111036 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
309111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
309111036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
309111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
309111036F DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
309111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
309111036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
309111036 BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
309111036 BAB V.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
309111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Pencawan Medan tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah yaitu dilakukan observasi, wawancara dan penyebaran angket serta pemberian post test. Observasi dilakukan dengan melihat langsung kondisi dan suasana sekolah dan peserta didik, adapun angket berisi pertanyaan mengenai model pembelajaran yang digunakan, sedangkan post test berisi beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang dibawakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 54 orang siswa. Dalam menentukan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A sebanyak 24 orang yang diambil secara bertujuan (Purposive Sampling). Setelah data diperoleh untuk mengetahui apakah terdapat hubungan variabel X dengan variabel Y maka digunakan rumus korelasi product moment yang dilanjutkan dengan uji “t”. Hasil yang diperoleh dari korelasi antara varabel X dan Y menunjukkan bahwa nilair hitung>r tabel atau 0,730 > 0,404 pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Pencawan Medan tahun pelajaran 2012/2013 dan untuk menguji hipotesis apakah hipotesis alternative (Ha) diterima tau ditolak dilakukan uji statistik t. Dari analisis hasil penelitian diperoleh t hitung > t tabel atau 5,033 > 2,074 pada taraf signifikan 0,025. Dengan demikian kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Pencawan Medan tahun pelajaran 2012/2013
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Mei p |
Keywords: | Belajar; Hasil belajar; PKN; Take and give ; Hipotesis; Variabel penelitian. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17242 |