Simbolon, Dewi Sartika (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VII SMPN 1 TELUK MENGKUDU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 309111016 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 309111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
3. NIM 309111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 309111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
5. NIM 309111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 309111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 309111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 309111016 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 309111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
10. NIM 309111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
11. NIM 309111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
12. NIM 309111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn di SMPN 1 Teluk Mengkudu Tahun Pelajaran 2012/2013. Penulis mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tujuh kelas yang jumlahnya 292 orang siswa. Sampel penelitian ini yaitu dengan jumlah 41 orang siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian sebanyak 41 orang siswa terdiri dari 16 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Test yang diberikan berupa soal pilihan ganda dengan 10 butir soal. Soal yang diberikan 3 kali yaitu test awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada saat dilakukan test awal mencapai 46,10 dengan perincian dari 41 orang siswa diperoleh 8 orang siswa (19,51%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 33 orang siswa mendapat nilai belum tuntas. Pada siklus I naik menjadi 20 orang siswa (48,78%) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 21 orang siswa (51,22%) mendapat nilai belum tuntas. Siklus II dari 41 orang siswa diperoleh 37 orang siswa (90,24%) mendapat nilai tuntas, sedangkan 4 orang siswa (9,76%) mendapat nilai belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 1 Teluk Mengkudu Tahun Pelajaran 2012/2013. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 181.160 712 Sim p |
Keywords: | Belajar; Hasil blajar; Model pembelajaran; Talking stick; Hipotesis. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17204 |