Ananda, Sri Rizki (2016) STRATEGI SISWA DARI KELUARGA MISKIN DALAM MEMPERTAHANKAN PRESTASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDY) DESKRIPTIF DI SMA PEMBANGUNAN GALANG KABUPATEN DELI SERDANG (SUMATERA UTARA). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM . 3121122008 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM . 3121122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM . 3121122008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM . 3121122008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM . 3121122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM . 3121122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
10. NIM . 3121122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
11. NIM . 3121122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia, dari pendidikan seseorang menjadi pintar dan dapat merubah status sosialnya. Akan tetapi untuk menempuh jalur sekolah membutuhkan biaya yang besar sehingga orang tua harus mampu mengeluarkan biaya yang banyak agar anaknya mendapat pengetahuan di dunia sekolah.Yang menjadi permasalahan adalah tidak semua orang tua mampu memberikan pendidikan yang layak serta menyekolahkan anaknya sampai jenjang pendidikan yang tinggi, hal ini diakibatkan oleh keterbatasan ekonomi keluarga yang menjeratnya dalam kemiskinan. Sehingga kemiskinan yang diderita oleh keluarga tersebut menjadi penghalang bagi anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak serta mendapatkan fasilitas pendukung dalam pembelajaran. Permasalahan dalam peneltian adalah : Apa peran keluarga dalam proses pembentukan kepribadian anak? dan Bagaimana strategi siswa dalam mempertahankan prestasi di sekolah ? Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian kualitatif yang bersifat deskrptif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi . Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan ( verifikasi).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan kemiskinan berpengaruh terhadap ketidakharmonisan orang tua dan anak. sehingga orang tua bercerai , pendidikan anak diabaikan dan anak diasuh oleh saudaranya . Meskipun demikian keterbatasan yang diderita keluarga tidak menjadi penghalang untuk anak merasakan dunia pendidikan , dengan minat dan keinginan yang kuat untuk tetap bersekolah anak harus mampu bertahan dengan tujuan hasil yang diperoleh dapat meringankan biaya sekolah, karena orang tua benar-benar lepas tanggungjawab untuk membiayai pendidikan anaknya. Kegiatan yang dilakukan mereka setelah pulang sekolah bermacam-macam ada yang bekerja sebagai pelayan rumah makan, pedagang bakso dan menyediakan jasa membersihkan rumah tetangga. Sehingga minat dan kemampuan untuk tetap yakin bertahan sekolah adalah salah satu alasan siswa tersebut melanjutkan pendidikan sampai sekarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ANTRO 025 |
Keywords: | Strategi Siswa Mempertahankan Prestasi; Keluarga Miskin;Study |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 07:23 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17148 |