Syahriah, Alfi (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA PADA MATERI KIMIA UNSUR TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146142002 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8146142002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 8146142002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 8146142002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 8146142002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM. 8146142002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 8146142002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8146142002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8146142002 BAB I.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
13. NIM. 8146142002 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 8146142002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penuntun praktikum kimia unsur kelas XII SMA yang layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kimia unsur. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE, yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Penuntun praktikum selanjutnya divalidasi oleh validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen dan 20 orang guru kimia. Uji coba implementasi produk hasil pengembangan dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN ) 3 Medan dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang. Teknik pengumpul data menggunakan lembar observasi, angket dan instrument tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal. Berdasarkan hasil angket penilaian penuntun praktikum oleh validator ahli diperoleh nilai masing – masing aspek yaitu cakupan praktikum 3,55, sistematika penyajian 3,46, wawasan produktivitas 3,63, keingintahuan 3,36, kecakapan hidup 3,37, desain 3,31 dan bahasa 3,43 yang tergolong dalam kriteria valid dan tidak perlu direvisi sehingga layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 57% berada pada kategori sedang yang merupakan penilaian dari ranah kognitif, berdasarkan minat siswa terhadap pembelajaran kimia (afektif) 86% dan keterampilan praktikum siswa (psikomotor) 85,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum kimia unsur terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kimia unsur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Sya p |
Keywords: | Penuntun praktikum; Kimia unsur; Model pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 05:07 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17138 |