Ilfan (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT FRONTPAGE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136141005 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. NIM. 8136141005 APPROL SHEET.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
3. NIM. 8136141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 8136141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 8136141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8136141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7. NIM. 8136141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8. NIM. 8136141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9. NIM. 8136141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
13. NIM. 8136141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM. 8136141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap motivasi belajar siswa. (2) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI
di SMK Negeri Taman Fajar Peureulak terdiri dari 5 kelas tahun ajaran 2015/ 2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian dalam ini
diambil dua kelas, kelas eksperimen yaitu kelas yang diajarakan dengan menggunakan model problem based learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media microsoft frontpage yaitu kelas XI-1 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori yaitu kelas XI-2 dengan jumlah sampel 80 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket motivasi belajar. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan Independent Samples Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata nilai motivasi k e l a s eksperimen yang dibelajarkan dengan
model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media Microsoft Frontpage lebih tinggi yaitu = 93, dibandingkan kelas kontrol yang diajarakan dengan model pembelajaran ekspositori yang rata-rata nilai = 91,32.(2) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan media Microsoft Frontpage menunjukan harga signifikan sebesar 0,039 sehingga 0,039 < α (0,05) dan thitung (2,097 > 1,997) yang berarti Ada pengaruh model Problem Based Learning berbasis kolaboratif dengan menggunakan media Microsoft Frontpage terhadap hasil belajar siswa sehingga Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 Ilf p |
Keywords: | Problem based learning; Kolaboratif; Microsoft frontpage; Koloid |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2016 03:11 |
Last Modified: | 05 Sep 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17121 |