Siburian, Herlina (2014) PEMBELAJARAN MUSIK TRADISIONAL BATAK TOBA SEBAGAI EKSTRAKURIKULER BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI YAYASAN PENDIDIKAN TUNANETRA SUMATERA (YAPENTRA) TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
209142019 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
209142019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
209142019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
209142019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
209142019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
209142019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
209142019 BAB I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
209142019 BAB V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
209142019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
209142019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran Musik Tradisional Batak Toba Sebagai Ekstrakurikuler Bagi Peserta Didik Tunanetra Di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera (YAPENTRA) Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif yaitu penjabaran tentang penelitian. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2013 sampai Desember 2013. Sampel pada penelitian ini adalah semua peserta didik yang mengikuti pembelajaran musik tradisional batak toba di yayasan pendidikan tunanetra sumatera (YAPENTRA) yang berjumlah 10 orang dan 1 orang guru.Dalam pembahasan penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yang terkumpul melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka yang dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera (YAPENTRA) Tanjung Morawa.Musik tradisional batak toba tidak hanya dipelajari oleh peserta didik yang normal secara fisik, tetapi peserta didik tunanetra juga memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajari musik tradisional batak toba. Peserta didik tunanetra memiliki kesensitifan dalam mendengarkan suara, karena mereka memiliki indera pendengaran yang sangat kuat, hal ini dikarenakan indera pendengaran mereka yang sudah lama terlatih yang menjadi salah satu indera yang mereka andalkan untuk dapat mengikuti pembelajaran musik dengan baik, hal ini yang mendasari peserta didik untuk mengikuti pembelajaran musik tradisional batak toba seperti sulim, taganing, gong dan garantung. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, latihan dan pemberian tugas. lagu-lagu yang dipelajari beragam salah satunya adalah lagu rohani. sehingga peserta didik dapat mengembangkan bakat mereka dalam bermusik dan mampu menampilkannya kepada masyarakat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 780.71 Sib p |
Keywords: | Pembelajaran; Musik Tradisional; Batak Toba; Ekstrakurikuler; Tunatra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17065 |