Manullang, Jessica M (2013) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SMK BM KELAS XI DI YAYASAN PERGURUAN SINAR HARAPAN KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 209342051 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 209342051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
3. NIM. 209342051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM. 209342051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 209342051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM. 209342051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. NIM. 209342051 DAFTAR FOTO.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 209342051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 209342051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
10. NIM. 209342051 BAB I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
14. NIM. 209342051 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran Seni Budaya SMK BM kelas XI di Yayasan Perguruan Sinar Harapan Beringin Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran2013/2014. Penelitian ini mengambil lokasi di Lubuk Pakam yang beralamat JL Pantai Labu Gg Bali Kecamatan Beringin Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan waktu penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan Juli. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: wawancara, observasi, visual, study kepustakaan, dan kesimpulanHasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pemanfaatan media audio visual, yakni: (1) apresiasi siswa berupa menyaksikan video pertunjukkan musik atau tari, (2) imitasi berupa menirukan permainan ritem yang diberikan guru, dan (3) evaluasi berupa tes lisan, kuis dan tulisan. Kedua, terdapat dua respon siswa, yakni: (1) respon positif siswa sebanyak 70% atau 28 siswa ditandai dengan sikap siswa yang terlihat senang mempelajari seni musik dan tari, siswa selalu ingin tau lebih lagi mengenai musikdan tari, (2) respon negatif siswa sebanyak 30% atau 12 siswa ditandai dengan siswa malas mengikuti pelajaran seni budaya dan selalu bermain sendiri dengan temannya. Ketiga, hasil belajar siswa, yakni: (2) dapat memainkan ritem dengan pola sederhana, (2) siswa mampu menjawab tes lisan oleh guru yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang diberikan setiap pertemuan, hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali materi yang telah diberikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 780.719 Man p |
Keywords: | Pemanfaatan Media; Media Audio Visual; Pembelajaran; Seni Budaya; Seni Musik; Seni Tari |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/17016 |