Harefa, Lola Imanda (2015) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK BUDISATYA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Budisatrya Medan T.A 2014/2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Budisatya Medan T.A 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan di SMK Budisatrya yang beralamat di Jalan Letda Sujono No. 166 Medan, dengan populasi sebanyak 130 siswa dan sampel sebanyak 97 siswa karena peneliti mengambil dengan metode simple random sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.
Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan regresi linier berganda melalui program aplikasi SPSS, diperoleh nilai koefisiensi regresi fasilitas belajar sebesar 0,247, koefisiensi regresi motivasi belajar (b2) = 0,232 dan konstanta regresi a = 34,513. Koefisiensi regresi diatas menunjukan arah pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Menggunakan uji t fasilitas belajar (X1) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 0,819 < ttabel = 1.984. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas belajar (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (Y). Dan uji t motivasi belajar (X2) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 2,680 > ttabel = 1,984. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (Y). Sementara itu Uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel. Diperoleh nilai Fhitung = 3,974, sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Ftabel = 3.09 (tabel F Statistics). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 3.974 > Ftabel = 3.09. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa (Y).
Dengan telah mengadakan penelitian ini diharapkan bagi peneliti lain harus mampu meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar kewirausahaan siswa, sekolah juga harus bisa mengadakan fasilitas belajar yang baik sebagai sumber belajar dan juga harus memperhatikan motivasi belajar siswa agar siswa dapat belajar dengan semangat untuk mencapai prestasi belajar dengan lebih baik dan bagi universitas diharapkan dapat menambah literatur dalam perpustakaan dan sebagai referensi kepada peneliti yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 NIA 005 |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Kewirausahaan Sisiwa; Regresi Linier Berganda |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 03:11 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1680 |