Manurung, Margaretta R (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA N.11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7113142031 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. 7113142031 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
3 .7113142031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4. 7113142031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5 .7113142031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. 7113142031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. 7113142031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. 7113142031 BAB I.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
12. 7113142031 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13. 7113142031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI I S SMA N.11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/ 2015
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N.11 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA N.11 Medan yang berjumlah 112 orang yang terdiri dari 3 kelas. sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IS 3 dan IS 2 yang masing – masing jumlahnya 35 orang yang diambil dengan acak sederhana ( Simple Random sampling ) teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar akuntansi berbentuk objektif pilihan berganda. Tes akan dilakukan sebanyak 2 kali yaitu awal ( Pre test ) dan akhir ( Post test ) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji coba terlebih dahulu sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui validitas, realibilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data. Dalam hal ini dihitung uji normalitas dan uji homogenitas data.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem solving ( rata – rata 86,28 dan S = 6,89 ) lebih tinggi dari hasil nilai hasil belajar yang diajarkan dengan Pendekatan Contextual teaching and Learning ( rata – rata = 77,14 dan S = 12,56. Dari pengujian Hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk ( n1 + n2 ) – 2 diperoleh thitung > ttabel atau 5,683 > 1,671. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving dan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS SMA N.11 Medan. Dimana dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 20015 AKT 019 |
Keywords: | Model pembelajaran Creative Problem Solving; pendekatan Contextual Teaching and Learning; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 03:00 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1678 |