Sagala, Eli Rosa (2014) PENGARUH STRATEGI REFLEKSI PENGALAMAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MARBAU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
209111022 COVER.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
209111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
209111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
209111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
209111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
209111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
209111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
209111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
209111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
209111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
209111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran kemampuan menulis teks berita yang menggunakan strategi refleksi pengalaman dengan hasil pembelajaran kemampuan menulis teks berita tanpa menggunakan strategi refleksi pengalaman. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marabu tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 150 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu 30 orang siswa dari jumlah populasi 181 orang tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test and post test design.Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test s dengan rata-rata 64,50, standar deviasi 5,87 dan selanjutnya nilai rata-rata tersebut disesuaikan dengan peringkat nilai sesuai dengan ketentuan Arikunto maka nilai pre test siswa berada pada kategori baik 17%, kategori cukup 70% dan kategori kurang sebanyak 13%. Hasil post test dengan rata-rata 75,33, standar deviasi 6,95, dengan kategori sangat baik 6%, kategori baik 67% dan kategori cukup 27%. Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0= 4,72, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1 = 30-1 = 29. Dari df = 29 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,72 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan strategi refleksi pengalaman dengan kemampuan menulis teks berita tanpa menggunakan stategi refleksi pengalaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Marbau Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.071 2 Sag p |
Keywords: | Hakikat menulis; Tujuan menulis; Teks berita; Jenis berita |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16718 |