Tarigan, Helvita Sari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK HIKAYAT “PANJI KUDA SEMIRANG” OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BINTANG BAYU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111027 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2103111027 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
2103111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
2103111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2103111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2103111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2103111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2103111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
2103111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2103111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menemukan unsur intrinsik hikayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dlaksanakan di SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintang Bayu yang berjumlah 113 orang siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling (acak kelas) dan instrumen yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah instrumen objektif yang berbentuk pilihan berganda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Hasil penelitian ini menunjukan tiga hal. Pertama, kemampuan awal siswa menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang tergolong dalam kategori cukup. Kedua, kemampuan siswa menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang setelah memperoleh pembelajaran dengan model teams games tournemen tergolong kedalam kategori baik. Ketiga, pada taraf signifikansi 5% model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournemen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemempuan menemukan unsur intrinsik hikayat Panji Kuda Semirang oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.071 2 Tar p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pengertian model pembelajaran; Model games tournament; Hikayat `panji kuda semirang` |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16713 |