Purwanti, Sri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Masters thesis, UNIMED.
8106176023 Judul.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8106176023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
8106176023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
8106176023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
8106176023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8106176023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8106176023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8106176023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8106176023 Bab I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
8106176023 Bab V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8106176023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah dan sikap ilmiah tinggi. Interaksi antara model pembelajaran Problem Solving dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Problem Solving dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 8 soal dan instrumen angket sikap ilmiah sebanyak 22 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran Problem Solving lebih baik dari model pembelajaran Direct Instruction .Terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok sikap ilmiah rendah dan kelompok sikap ilmiah tinggi. Hasil belajar fisika kelompok sikap ilmiah tinggi lebih baik dari kelompok sikap ilmiah rendah. Terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Direct Instruction dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Model pembelajaran Problem Solving lebih optimal diterapkan untuk siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction tidak dipengaruhi sikap ilmiahnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Pur p |
Keywords: | Problem solving; Sikap ilmiah; Hasil belajar; Hakikat belajar; Model pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 08:36 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1670 |