Zulfikar, Aulia (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SISTEM GRID DALAM MENGGAMBAR HURUF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGGAMBAR HURUF DI SMP NEGERI 1 BLANG PEGAYON KEC.BLANG PEGAYON KAB. GAYO LUES T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
208151042 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
208151042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
208151042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
208151042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
208151042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
208151042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208151042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
208151042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
208151042 BAB I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
208151042 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
208151042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran sistem grid (Grid System) terhadap hasil belajar menggambar huruf siswa di SMP Negeri 1 Blang Pegayon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (kuasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Blang Pegayon. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dan diperoleh kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 31 orang siswa.Prosedur penghitungan data dilakukan uji normalitas data dengan teknik Lilliefors dan diperoleh Lo<Ltabel (0,0869<0,1593) yang berarti bahwa sebaran data penelitian berdistribusi normal. Kemudian dilakukan pengujian homogenitas data dengan uji Barlett dan diperoleh X2hitung<X2tabel (6,9174<11,6) yang berarti bahwa data kedua varibel penelitian homogen. Syarat pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 3,7125 dan ttabel untuk α = 0,05 dan dk = 60 sebesar 2,000, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran sistem grid terhadap hasil belajar seni rupa siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Blang Pegayon Kec. Blang Pegayon Kabupaten Gayo Lues T.P 2014/2015.Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar yang merupakan tes menggambar huruf dengan menggunakan garis bantu (Sistem Grid). Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 69,2 dengan standar deviasi 2,34 sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 68,09 dengan standar deviasi 1,95. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas dilakukan postest. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 80,6 dengan standar deviasi 2,33 sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 74,4 dengan standar deviasi 2,78. Besarnya kontribusi pengaruh metode pembelajaran sistem grid terhadap hasil belajar seni rupa adalah sebesar 17,71%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 RUPA 016 |
Keywords: | Sistem Grid (Grid System); gambar Huruf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16629 |