Hutapea, Ernawati (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BATIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS XI KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103351008 COVER.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2. NIM. 2103351008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3. NIM. 2103351008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 2103351008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 2103351008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 2103351008 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 2103351008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 2103351008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. NIM. 2103351008 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 2103351008 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. NIM. 2103351008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberi salah satu solusi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan batik di SMK Negeri 1 Laguboti. Peningkatan hasil belajar siswa dilakukan melalui penelitian tindakan kelas XI dengan jumlah 22 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi.Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar pada setiap siklus terjadi peningkatan, yaitu pada pre tes yang diperoleh sebesar 36% yang tuntas dengan jumlah siswa 8 orang dengan nilai rata-rata 62,04 dengan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 siswa yakni 64%. Mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas mencapai 73,86 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa atau 73% dan 6 siswa yang belum tuntas yakni 27%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan mencapai 83,86, siswa yang mengalami tuntas sebanyak 20 siswa atau 91%, serta siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa yakni 9%. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Artinya dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatan hasil belajar batik siswa di kelas XI Kriya Tekstil SMK Negeri 1 Laguboti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 746.662 071 9 Hut m |
Keywords: | Hasil Belajar; Kerajinan Batik; Bahan dan Alat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16622 |