Tarigan, Debby Indah (2015) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASSED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DESAIN BATIK ORNAMEN KARO DI KELAS XI KT-1 SMK N 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103351004 COVER .pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 2103351004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 2103351004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM. 2103351004 PREFACE .pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 2103351004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 2103351004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. NIM. 2103351004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM. 2103351004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 2103351004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13. NIM. 2103351004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 2103351004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Seni Rupa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan desain batik ornamen karo dengan menggunaka strategi Problem Bassed Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas XI-KT 1 SMK N 1 Berastagi Kabupaten Karo. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus. Tiap siklus dilakukan dengan 4 (empat) tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan (tindakan), tahap observasi, dan tahap refleksi.Hasil observasi dari 34 orang siswa pada pertemuan ke satu hanya 14 orang siswa (41,18 %) yang mendapatkan kategori baik. Hasil siklus I, 26 orang siswa (76,48%) sudah mendapatkan kategori baik. Namun belum mencapai target yang diharapkan. Selanjutnya pada siklus II terdapat 29 siswa (80,55%) mendapatkan kategori baik. Kemudian pada Siklus III, 31 orang (86,11%) mendapatkan kategori baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Problem Bassed Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sni Rupa materi desain batik ornamen karo pada siswa kelas XI KT-1 di SMK N 1 Berastagi kecamatan Berastagi kabupaten Karo Tahun Ajaran 2014/2015.Dari fakta tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Bassed Learning sangat baik sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran desain baatik ornamen Karo di kelas XI KT-1 SMK N 1 Berastagi Kabupaten Karo. Selanjutnya dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi: Penerapan Strategi Problem Bassed Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Desain Batik Ornamen Karo Di Kelas XI KT-1 SMK N 1 Berastagi telah terbukti dan dapat diterima keberlakuannya dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Seni Rupa khususnya pada Desain Batik Ornamen Karo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 746.662 071 9 Tar p |
Keywords: | Problem Bassed Learning; Desain Batik; Karo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16617 |