Pane, Nina Nurhabni (2014) PENGGUNAAN MEDIA PENGAJARAN OBJEK NYATA GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KISARAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
208151059 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
208151059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
208151059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
208151059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
208151059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
208151059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
208151059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
208151059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
208151059 BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
208151059 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
208151059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menggambar bentuk di SMP Negeri 1 Kisaran. Peningkatan hasil belajar siswa dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dari siswa kelas VII-2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menggambar bentuk dengan menggunakan pensil dan kertas serta model vas bunga. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada nilai pre test jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang ( 53,2%) dengan nilai rata-rata siswa sebesar 72,65 dan mengalami peningkatan pada saat siklus I menjadi 21 orang (66%) yang tuntas dan nilai rata-rata siswa sebesar 73,91. Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 30 orang (94%) yang tuntas, dan nilai rata-rata siswa sebesar 78,91, dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 20,5%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pengajaran objek nyata dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya pokok bahasan menggambar bentuk di kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran. Berdasarkan peningkatan siklus I dan siklus II, hipotesis penelitian ini yaitu: menggunakan media pengajaran objek nyata guna meningkatkan hasil belajar menggambar bentuk di SMP Negeri 1 Kisaran, Asahan, dapat diterima keberlakuannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 741.071 2 Pan p |
Keywords: | Belajar Mengajar; Meggambar Bentuk; Media Pengajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 05:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16594 |