Damanik, Maya Indah (2015) KESIAPAN GURU PPKN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMP SE-KOTA MEDAN YANG MENERAPKAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113111040 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 3113111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM. 3113111040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 3113111040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM. 3113111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 3113111040 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 3113111040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 3113111040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
12. NIM. 3113111040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 3113111040 BIBBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru PPKn dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SMP se-Kota Medan yang menerapkan Kurikulum 2013 terutama kemampuan guru PPKn dalam memahami dan mendesain pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan keadaan atau objek penelitian di lapangan. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini ditentukan secara bertujuan (purposive sampling) yaitu seluruh guru PPKn yang mengajar di SMPN 1 Medan, SMPN 34 Medan, SMPN 38 Medan, SMP Swasta Budi Murni 3 Medan, SMP Swasta Laksamana Martadinata. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi yaitu pengamatan langsung di dalam kelas ketika guru mengajar dan wawancara untuk mengetahui pemahaman guru PPKn mengenai Kurikulum 2013. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan pengumpulan data selama dan setelah penelitian, interpretasi data (ditafsirkan menggunakan teori yang dikuasai), dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan sejumlah data bahwa secara keseluruhan guru-guru PPKn di SMP Kota Medan siap melaksanakan pendekatan saintifik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kesiapan guru-guru tersebut ditunjukkan melalui inovasi desain pembelajaran yang dihubungkan dengan langkah-langkah mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan yang diterapkan secara kreatif. Penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan secara kreatif ditunjukkan melalui penggunaan metode diskusi dalam memecahkan masalah, pemanfaatan multimedia IT seperti media elektronik, pemutaran film, dan internet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 PKn 093 |
Keywords: | Kurikulum; Proses Pembelajaran; PKn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 06:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1659 |