Sinuhaji, Maria Agustina (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KERAJINAN TANGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII-4 SMP NEGERI 29 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 209351014. COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 209351014. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
3. 209351014. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. 209351014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. 209351014. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
6. 209351014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7. 209351014. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. 209351014. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. 209351014. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
10. 209351014. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
11. 209351014. BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
15.209351014. BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
16. 209351014. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kerajinan tangan siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 29 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kerajinan tangan siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 29 Medan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar, instrumen tersebut merupakan praktek membuat benda kerajinan tangan.Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan tahapan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada Pre Tes diperoleh sebanyak 4 orang siswa yang tuntas (17,39%), dengan nilai rata-rata 66,21 dan mengalami peningkatan pada saat pos tes siklus I menjadi 8 orang siswa yang tuntas (34,78%), dengan nilai rata-rata 71,17. Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari pos tes siklus I ke pos tes siklus II menjadi 21 orang siswa yang tuntas (91,30%)dengan nilai rata-rata 82,04. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 15,83%. Peningkatan aktivitas siswa terlihat sebagai berikut : pada siklus I rata-rata dari jumlah seluruh aspek yang diamati adalah 63,04%, pada siklus II jumlah ratarata meningkat menjadi 83,96%. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis penelitian yang berbunyi : dengan diterapkan metode demonstrasi dalam seni budaya dan keterampilan, khususnya dalam praktek kerajinan tangan dapat meningkatkan hasil belajar kerajinan tangansiswa kelas VII-4 SMP Negeri 29 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 745.5 Sim u |
Keywords: | Hasil belajar; Kain flanel; Alat dan bahan; Praktek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16570 |