Sari, Fitri Wulan (2015) KONTRIBUSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM KECAMATAN MEDAN LABUHAN KOTA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113111021 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 3113111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
3. NIM. 3113111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM. 3113111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM. 3113111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 3113111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. NIM. 3113111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 3113111021 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
12. NIM. 3113111021 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM. 3113111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “kontribusi PKn dalam pembentukan karakter siswa kelas XI SMA Yayasan Islam Medan tahun pelajaran 2014/2015”. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu cara atau metode yang menggambarkan keadaan atau objek penelitian di lapangan yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Islam yang berjumlah 160 orang siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 siswa yang diambil secara acak sederhana atau random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara.
Dari analisis data dilapangan disimpulkan bahwa pembelajaran PKn memiliki kontribusi dalam pembentukan karaker siswa di kelas XI SMA Yayasan Pendidikan Islam Kecamatan Medan Labuhan Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat kita lihat dari jawaban-jawaban responden terhadap angket yang dibagikan. Selain itu, siswa-siswi telah menunjukan sikap yang mendukung nilai-nilai karakter yang terkandung dalam mata pelajaran PKn, diantaranya adalah menghormati guru, mentaati peraturan yang ada di sekolah, menghargai perbedaan yang ada dengan teman sekelas, toleransi dan disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 PKn 064 |
Keywords: | PKn; Karakter; Guru |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 04:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1657 |