Silaban, Wenni Rosadi (2014) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103111078 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2103111078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
2103111078 KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
2103111078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
2103111078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
2103111078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2103111078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2103111078 BAB I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
2103111078 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2103111078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Model Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 Medan sebanyak 250 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Desain yang dilakukan yaitu post-test only control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus (M_x-M_y)/〖SE〗_(Mx-My) Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Instruction = 77,5, standar deviasi=9.00, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 26,7%, kategori baik sebanyak 63,3% dan kategori cukup sebanyak 10%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Konvensional= 69,16, standar deviasi=9,66 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 10%, kategori baik sebanyak 43,3%, kategori cukup sebanyak 46.7%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 3,43, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar = 2,01 pada taraf signifikasn 5% dk=(N1+N2)-2=58. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 3,43>2,01 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Sil p |
Keywords: | model problem based instruction; model pembeljaran konvensional; teks eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15985 |