Fithrahayati (2015) PENGARUH DISIPLIN DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP SWASTA DHARMA PATRA RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3113131026 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 3113131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 3113131026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 3113131026 AUTHENTIC LATTER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. NIM. 3113131026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6. NIM. 3113131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 3113131026 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 3113131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 3113131026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM. 3113131026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
15. NIM. 3113131026 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
16. NIM. 3113131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Pengaruh disiplin terhadap hasil belajar IPS kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra Rantau Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2014/2015 (2) Pengaruh fasilitas sekolah terhadap hasil belajar IPS kelas VIII Swasta Dharma Patra Rantau Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2014/2015 (3) Pengaruh disiplin dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII Swasta Dharma Patra Rantau Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Dharma Patra Rantau. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra Rantau yang berjumlah 132 orang. Pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan mengambil responden sebanyak 20% dari setiap kelas sehingga sampel berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket ,lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kuantitatif dengan metode statistika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra Rantau Tahun Ajaran 2014/2015, dengan nilai thitung sebesar 2,338 > ttabel 2,064 pada taraf signifikan 0,05% dengan SR 16,8% (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra Rantau Tahun Ajaran 2014/2015, dengan nilai thitung sebesar 2,270 > ttabel 2,064 pada taraf signifikan 0,05% dengan SR 15,9% (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan disiplin dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Patra Rantau Tahun Ajaran 2014/2015, dengan nilai Fhitung sebesar 5,603 > Ftabel 3,40 pada taraf signifikan 0,05%, secara bersama-sama terhadap hasi belajar dengan SR disiplin sekolah 16,8% dan SR fasilitas sekolah dengan 15,9% serta SR disiplin dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar 32,8%. Hal ini berarti bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Swasta Dharma Patra Rantau Tahun Ajaran 2014/2015 32,8% dipengaruhi oleh disiplin dan fasilitas sekolah, sedangkan 67,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2015 Geo 007 |
Keywords: | Disiplin; Fasilitas Sekolah; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2016 01:42 |
Last Modified: | 11 Apr 2016 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1596 |