Sebayang, Sri Rosepda (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN PEMAHAMAN KONSEP AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1). untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery lebih baik dari model pembelajaran konvensional. 2). Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang memiliki pemahaman konsep awal tinggi lebih baik dari pemahaman konsep awal yang rendah, dan 3). untuk mengetahui interaksi efek model pembelajaran discovery dan pemahaman konsep awal terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cluster random sampling sebanyak dua kelas dimana kelas X PIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran discovery dan kelas X PIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dan tes pemahaman konsep awal berbentuk uraian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2). hasil belajar siswa dengan pemahaman konsep awal tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan pemahaman konsep awal rendah, dan 3). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery dan pemahaman konsep awal dalam mempengaruhi hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Seb e |
Keywords: | Model pembelajaran discovery; Pemahaman konsep awal, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 02:43 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1572 |