Siagian, Muhammad Daut (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (867kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) menyusun instrumen yang tepat untuk mengukur kemampuan koneksi matematis, 2) menyusun bahan ajar berbasis pendekatan pembelajaran SAVI yang tepat memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, 3) mengetahui ketuntasan kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan pembelajaran SAVI, dan 4) mengetahui kendala dalam pengembangan bajan ajar berbasis pendekatan pembelajaran SAVI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku pegangan guru, buku siswa lembar mari beraktivitas, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan instrumen-instrumen seperti instrumen pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan guru, pedoman wawancara dan pengamatan sikap siswa. Pengembangan instrumen dan bahan ajar berbasis pendekatan pembelajaran SAVI ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Yang meliputi proses tahapan define, desaign, develop, dan disseminate. Namun dalam penelitian ini pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan pembelajaran SAVI ini dibatasai hanya pada tahap develop, atau dimodifikasi menjadi 3-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 27 Medan dan kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Medan. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh: 1) bahan ajar yang memenuhi kriteria kevalidan dengan predikat sangat valid, 2) bahan ajar yang praktis berdasakan hasil revisi dari tim ahli, hasil observasi pada saat proses pembelajaran dan hasil wawancara, serta 3) memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, pencapaian persentase waktu ideal, hasil tes kemampuan koneksi matematis memenuhi ketuntasan, dan dari hasil angket respon guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sia p |
Keywords: | Pendekatan SAVI; Model pengembangan 4-D; Kemampuan koneksi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 02:42 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1571 |