Andriani, Yuli (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AIR PUTIH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311080 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2113311080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
2113311080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2113311080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
2113311080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2113311080 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113311080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2113311080 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2113311080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
2113311080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2113311080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan pengaruh penggunaan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap kemampuan menulis teks diskusi. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 294 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30 orang pada kelas VIII-1. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis teks diskusi. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Setelah data dianalisis diperoleh nilai rata-rata pre-test 66,16 dan standar deviasi 6,66 dengan kategori baik sebanyak 6 orang atau 20%, kategori cukup sebanyak 15 orang atau 50%, kategori kurang sebanyak 8 orang atau 26,66%, dan kategori sangat kurang sebanyak 1 orang atau 3,33%. Nilai rata-rata post-test dan standar deviasi 7,98 dengan kategori sangat baik sebanyak 10 orang atau 33,3%, kategori baik sebanyak 12 orang atau 40% dan kategori cukup sebanyak 8 atau 26,66%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal dan dari uji homogenitas diketahui sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah t0 diketahui sebesar 6,25 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = n – 1, dk = 30-1=29, diperoleh taraf signifikasi 5% sebesar 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 6,25 > 2,04, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas Penggunaan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 081 |
Keywords: | Investigasi kelompok; teks diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15657 |