Sinurat, Sahat Parsaulian (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA BERDASARKAN TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111077 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113111077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
2113111077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2113111077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
2113111077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
2113111077 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2113111077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113111077 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113111077 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
2113111077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2113111077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menulis teks drama berdasarkan teks cerita pendek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun dengan jumlah 169 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre-test dan post-test. Adapun nilai rata-rata pre-test = 63,57, standar deviasi 6,27 dan termasuk pada katagori baik sekali 0%, katagori baik sebanyak 20%, katagori cukup 80%, katagori kurang baik 0%, dan katagori sangat kurang baik 0%. Sedangkan nilai rata-rata post-test = 79,6 , standar deviasi 7,18 dan termasuk katagori sangat baik sebanyak 23,33%, katagori baik sebanyak 70%, katagori cukup sebanyak 6,67%, katagori kurang baik 0%, katagori sangat kurang baik 0%.Dari hasil uji data pre-test dan post-test diketahui keduannya berdistribusi normal. Berdasarkan uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian berasal dari populasi yang homogen. Setelah di uji normalitas dan homogenitas diperoleh sebesar 10,83 kemudian dikonsultasikan dengan pada taraf yang signifikan 5% df = n-1=29. Dari df 29 taraf signifikan 5% harga sebesar = 2,04 oleh karena diperoleh lebih besar dari yaitu 10,83 > 2,04 maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif diterima ( ) diterima.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik bahwa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks drama berdasarkan teks cerita pendek di SMK Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 096 |
Keywords: | problem based learning; menulis teks drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15649 |