EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Hutagalung, Rutmana Suhartini (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO KLIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111076 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111076 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2113111076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2113111076 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2113111076 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2113111076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 TABLES.pdf]
Preview
Text
2113111076 TABLES.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2113111076 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2113111076 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2113111076 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 2113111076 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2113111076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Efektivitas Pengguanaan Media Video Klip Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidikalang sebanyak 356 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak kelas yang akan dijadikan wakil daripopulasi untuk diteliti.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test. Desain penelitian ini hanya dilaksanakanpada satu kelas saja. Dalam desain ini, pengukuran dilakuan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji dengan rumus t0 = (M_x-M_y)/〖SE〗_(Mx-My) Dari hasil pengolahan data kemudian diperoleh nilai rata-rata pre-test 71,40, standar deviasi 6,4 dan nilai rata-rata post-test 80,62 dengan standar deviasi 6,76 . Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dinyatakan berdistribusi normal dengan Lhitung= 0,128 dan Ltabel = 0,156. Lhitung < Ltabel atau 0,128 < 0,156. Uji normalitas post-test dengan Lhitung= 0,131 dan Ltabel = 0,156. Lhitung < Ltabel atau 0,131 < 0,156. Kemudian, berdasarkan uji homogentitas dikatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahuilah t0 sebesar 5,98. ternyata t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,98 > 2,04. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa media video klip efektif digunakan dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 084
Keywords: Media Video Klip; Kemampuan; Menulis Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15648

Actions (login required)

View Item
View Item