Sinaga, Ruth Yanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311066 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2113311066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
2113311066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2113311066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2113311066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
2113311066 TABLES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2113311066 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2113311066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
2113311066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2113311066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 215 siswa SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa. Sampel diambil secara purposive, yaitu kelas eksperimen 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca puisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 69,10, sedangkan kemampuan siswa membaca puisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,93. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (7,19) > ttabel (2,05) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Balige Kabupaten Tobasa Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaraan membaca puisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca puisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 184 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ; Kemampuan Membaca Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15624 |