PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TALAWI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Ria, Rizky Nanda (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TALAWI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113311064 COVER.pdf]
Preview
Text
2113311064 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2113311064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2113311064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2113311064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2113311064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2113311064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2113311064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 BAB I.pdf]
Preview
Text
2113311064 BAB I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 BAB V.pdf]
Preview
Text
2113311064 BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2113311064 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2113311064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks ulasan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talawi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Talawi dengan jumlah 230 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang di ambil teknik sampling purposif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah test berbentuk essay. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-Test – Post-Test Design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 63 dan digolongkan pada kategori sangat kurang = 23%, kategori kurang= 36%, kategori cukup = 26%, dan kategori baik = 13%. Nilai rata-rata post-test = 78,6 dan dikategorikan pada kategori cukup = 10%, kategori baik = 60%, dan kategori sangat baik = 30%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 6,19. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 30-1=29. Dari df 29 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 6,19 > 2,04 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks ulasan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talawi tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 213
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Kemampuan Menulis Teks Ulasan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 06:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15620

Actions (login required)

View Item
View Item