Manalu, Lita Sandora (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN (PENGATURAN WAKTU) TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI DALAM DISKUSI KELOMPOK OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIEMPAT NEMPU HULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111047 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2113111047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
2113111047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
2113111047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2113111047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2113111047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
2113111047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113111047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2113111047 BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
2113111047 BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2113111047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran time token (pengaturan waktu) untuk melihat kemampuan berargumentasi siswa dalam diskusi kelommpok. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran time token (pengaturan waktu) terhadap kemampuan berargumentasi dalam diskusi kelompok oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siempat Nempu Hulu. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one gruop pre-test post-test design yaitu model eksperimen yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siempat Nempu Hulu yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 160 siswa. Berdasarkan jumlah populasi tersebut maka ditetapkan sampel sebanyak 32 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan teknik acak kelas atau random sampling class. Instrumen atau alat pengumpul data yang digunakan adalah tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test diperoleh rata-rata sebesar 56,5 dan standar deviasi sebesar 8,7 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata sebesar 73,3 dan standar deviasi sebsar 8,1. Berdasarkan uji normalitas data pre-test diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,12 < 0,15 maka dapat dinyatakan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada data post-test diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,14 < 0,15 hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung < Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,16 < 1,83, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen.Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka diperoleh to sebesar 7,92 setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (n-1) = 32-1= 31, dari dk 31 diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,040. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7,92> 2,040, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model pembelajaran time token (pengaturan) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berargumentasi dalam diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 106 |
Keywords: | Model pembelajaran time token; kemampuan berargumentasi; diskusi kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15606 |