Marbun, Lisna (2015) EFEKTIFTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA HKBP 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311041 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2113311041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
2113311041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2113311041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
2113311041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
2113311041 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2113311041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2113311041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2113311041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
2113311041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
2113311041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran picture and picture. Dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa kelas X SMA SWASTA HKBP 1 Tarutung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang diambil dengan teknik kluster. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah test essay.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post test only design group Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil rata-rata dari penerapan model picture and picture dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi adalah 78.66 dengan standar deviasi 8,80 dari jumlah siswa 30 orang. Adapun kategori pencapaian model picture and picture dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi yaitu kategori sangat baik sebanyak 8 siswa atau 26,67%, kategori baik sebanyak 17 siswa atau 56,67%, kategori cukup sebanyak 5 siswa atau 16.66%, dan tidak ada siswa yang berada pada kategori kurang serta kategori sangat kurang atau 0%. Sedangkan hasil rata-rata dari penerapan model pembelajaran ceramah dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi, adalah 70.83 dengan standar deviasi 10.49 dari jumlah siswa 30 orang. Kategori pencapaian dengan penerapan metode pembelajaran ceramah yaitu kategori sangat baik sebanyak 2 siswa atau 6.67% , kategori baik sebanyak 16 siswa atau 53.33%, kategori cukup sebanyak 9 siswa atau 30%, kategori kurang sebanyak 3 siswa atau 10%, dan siswa yang tidak ada siswa yang berada pada kategori sangat kurang. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA HKBP 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2014/ 2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 087 |
Keywords: | picture and picture; paragraf argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15605 |