Saragih, Lastri P. (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TIGALINGGA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111045 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2113111045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
2113111045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2113111045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2113111045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2113111045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2113111045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111045 BAB I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
2113111045 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
2113111045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 188 orang, sementara sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling adalah 34 orang. Penelitian ini digolongkan jenis eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 69,70, standar deviasi 8,82 dengan kategori sangat baik sebanyak 1 siswa atau 2,94%, baik sebanyak 8 orang atau 23,52%, cukup sebanyak 13 siswa atau 38,23%, kategori kurang sebanyak 10 siswa atau 29,41%, dan kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa atau 5,88%. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 78,97, standar deviasi 9,05 dengan kategori sangat baik sebanyak 9 siswa atau 26,47%, kategori baik sebanyak 13 siswa atau 38,23%, kategori cukup sebanyak 10 orang atau 29,41% dan kategori kurang sebanyak 2 siswa atau 5,88%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 4,23; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df =N-1 =34-1=33, dari df 33 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,035 karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,23 > 2,035, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis artikel limiah kelas XI SMA Negeri 1 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 160 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Berbasis Proyek; Artikel Ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15604 |