Sihotang, Morina (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2103311028 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2103311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
2103311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2103311028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2103311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
2103311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2103311028 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
2103311028 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
2103311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 145 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-A yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,28, standar deviasi = 9,45 sedangkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 77,85, standar deviasi = 7,05. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 6,75. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,75 > 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Panribuan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 098 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15588 |