Aritonang, Lydia Mei Lastri Br. (2015) PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311043 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2113311043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
2113311043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2113311043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2113311043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2113311043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2113311043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2113311043 BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
2113311043 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2113311043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh metode active learning terhadap kemampuan menuliscerpen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padangsidimpuan sebanyak 305 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essai.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-ratap pre-test = 62,63 , standar deviasi = 7, 25, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 0 orang atau 0%, kategori baik sebanyak 4 siswa atau 10%, kategori cukup sebanyak 19 orang atau 47,5%, kategori kurang sebanyak 14 orang atau 35%, kategori sangat kurang sebanyak 3 orang atau 7,5%. Nilai rata-rata post-test = 76,5%, standar deviasi = 8,39, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 11 orang atau 27,5%, kategori baik sebanyak 17 orang atau 42,5 %, kategori cukup sebanyak 9 orang atau 22,5 %, kategori kurang sebanyak 3 orang atau 7,5 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pret-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,88 dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1 = 40-1 = 39 diperoleh nilai ttabel 7,88. Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung yaitu 7,88> 2.02, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan atas penggunaan Metode Active Learning terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 PadangsidimpuanTahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 198 |
Keywords: | Metode; active.learning; kemampuan; menulis; cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15582 |