Dani, Kharisma (2015) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311038 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2113311038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
2113311038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2113311038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2113311038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2113311038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2113311038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2113311038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2113311038 BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
2113311038 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2113311038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
uan p enelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas efektivitas media pembelajaran audiovisual Tu terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa dengan jumlah 344 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes tertulis berbentuk essai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji dengan rumus (M_y-M_x)/—_(Mx-My) Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan nilai rata-rata= 66,84 standar deviasi = 9,06. Hasil post-test dengan nilai rata-rata = 77,63 standar deviasi= 9,23. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,089 selanjutnya diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,02. Kriteria pengujian adalah jika harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung > ttabel atau 5,089 > 2,02 maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ha (hipotesis alternatif), yakni “kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual lebih baik dibandingkan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa tanpa menggunakan media diterima. Dengan demikian, dapat disimpilkan bahwa ada efektivitas media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 201 |
Keywords: | media pembelajaran audiovisual; teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15575 |