Intani, Juni (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR EKSTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI YAYASAN PERGURUAN PEMDA LANGKAT BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311036 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2113311036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
2113311036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2113311036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
2113311036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
2113311036 TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2113311036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113311036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
2113311036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
2113311036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Menemukan Unsur Ekstrinsik Cerpen oleh Siswa kelas XI Yayasan Perguruan Pemda Langkat Bahorok Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni menggunakan teknik one group pre-test post-test design. Adapun jumlah siswa yang dijadikan sampel sebanyak 32 siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menemukan unsur ekstrinsik cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas XI Yayasan Perguruan Pemda Langkat Bahorok Tahun Pembelajaran 2014/2015 adalah baik. Nilai rata-rata siswa sesudah menggunakan model Group Investigation 77,65 dengan standar deviasi sebesar 8,80, sementara sebelum menggunakan model Group Investigation memiliki rata-rata 55,56 dengan standar deviasi 8,84. Dari data di atas bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menemukan unsur ekstrinsik cerpen. Hal ini terbukti dari hasil uji diperoleh nilai t_hitung>t_(tabel(0,05)) yakni 16,83>2,04 Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menemukan unsur ekstrinsik cerpen dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan unsur ekstrinsik cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 122 |
Keywords: | Model Group Investigation; Unsur Ekstrinsik Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15571 |