Manurung, Iin Pratiwi Ningsih (2015) HUBUNGAN PENGUASAAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311029 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2113311029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
2113311029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2113311029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2113311029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2113311029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2113311029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2113311029 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
2113311029 BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2113311029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan struktur dan ciri kebahasaan teks dengan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015, yang berjumlah 392 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 36 orang, yaitu kelas VII-K. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasioanal. Instrumen yang digunakan dalam menjaring data adalah tes pilihan berganda (tes untuk mengetahui penguasaan struktur dan ciri kebahasaan teks) dan tes keterampilan (tes untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penguasaan struktur teks siswa adalah baik dengan skor rata-rata = 69,05 dan standar deviasi = 11,93. Penguasaan ciri kebahasaan teks siswa berada di posisi baik dengan skor rata-rata = 71,27 dan standar deviasi = 9,07. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa tergolong baik dengan skor rata-rata = 70,69 dan standar deviasi = 8,79. Berdasarkan uji normalitas, variabel X1 diperoleh nilai Lhitung = 0,1158, variabel X2 diperoleh Lhitung = 0,0854, dan variabel Y diperoleh Lhitung = 0,1391, kemudian setelah dikonsultasikan dengan Ltabel pada taraf signifikan 5% (N= 36) didapat Ltabel = 0,1478. Artinya, uji normalitas setiap variabel diperoleh Lhitung < Ltebel, yaitu (0,1158 < 0,1478), (0,0854 < 0,1478), dan (0,1391 < 0,1478) dinyatakan normal. Setelah dilakukan uji normalitas dan linearitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Dari tabel product moment pada taraf signifikan 5% (N= 36) didapat rtabel = 0,329. Setelah harga rxy dikonsultasikan terhadap rtabel pada variabel X1 terhadap Y (0,68 > 0,329), variabel X2 terhadap Y (0,32 > 0,329), dan variabel X1 terhadap X2 (0,72 > 0,329) maka rxy memenuhi kriteria pengujian hipotesis atau dengan kata lain terdapat hubungan antara penguasaan struktur dan ciri kebahasaan teks dengan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 080 |
Keywords: | Penguasaan struktur; ciri kebahasaan; kemampuan menulis teks deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15568 |