Solin, Hotmaida Dahlia (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGONVERSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SESUAI DENGAN STRUKTUR DAN KAIDAH TEKS PADA SISWA KELAS X SMK MULTI KARYA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311028 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2113311028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
2113311028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2113311028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2113311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2113311028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2113311028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2113311028 BAB I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
2113311028 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2113311028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks siswa kelas X SMK Multi Karya Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 259 siswa SMK Multi Karya. Sampel diambil secara Porpuse sampling, yaitu kelas eksperimen 25 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esei. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi naskah drama setelah menggunakan model inkuiri pada siswa kelas X SMK tahun pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 75. Kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi naskah drama sebelum dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas X SMK Multi Karya tahun pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 62. Selanjutnya, hasil uji diperoleh nilai t_o = 8,83. Setelah dikonsultasikan dengan t_tabel pada taraf signifikansi â 0,05 = 2,06 dengan dk = N – 1= 24, karena t_o > t_tabel yaitu 8,83 > 2,06 maka hipotesis nihil ( H_o) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Inkuiri berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks menjadi naskah drama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 130 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Kemampuan mengonversi teks prosedur kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15566 |