Purba, Deby Maria Juliana (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN PERADILAN RAKYAT KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA MARISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111016 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2113111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2113111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
2113111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
2113111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
2113111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2113111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2113111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
2113111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen Peradilan Rakyat karya Putu Wijaya oleh siswa kelas X SMA Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Marisi Medan yang berjumlah 109 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-2 yang setiap kelas berjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling atau.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two group post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 64,8 , sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji â. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,96 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 7,96 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen “Peradian RakyaT karya Putu Wijaya oleh siswa kelas X SMA Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 217 |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, cerpen, unsur intrinsik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15544 |