Ramadhani, Rahmi (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PADA PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA SMA YPK MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
8136172068 Judul.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8136172068 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
8136172068 Abstrak.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8136172068 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
8136172068 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8136172068 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
8136172068 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8136172068 Bab I.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
8136172068 Bab V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8136172068 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada problem based learning yang efektif dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MIA SMA YPK Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat 4D menurut Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Pada uji coba keterbacaan diperoleh validasi dan reliabilitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan sebesar 0,8904, hasil reliabilitas instrumen pengamatan sebesar 84,21% serta validasi dan reliabilitas tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar valid dan reliabel tinggi (0,656). Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas XI MIA-1 SMA YPK Medan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong ke dalam kriteria baik karena telah teruji validitasnya. Hasil pelaksanaan perangkat pembelajaran pada tahap implementasi termasuk kriteria praktis. Efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran ini diperoleh dari data TKPMM siswa yang tuntas belajar yakni 86,84% secara klasikal dan respon positif siswa berada diatas 80%. Hasil uji coba lapangan pertama dan kedua yang diperoleh menunjukkan hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 0,27 (6,75%). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang signifikan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pada problem based learning yang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ram p |
Keywords: | Pengembangan; Perangkat pembelajaran; Problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Apr 2016 07:24 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1554 |