Pasaribu, Cinta (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TAJUK RENCANA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111013 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2113111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2113111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
2113111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2113111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
2113111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2113111013 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2113111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2113111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
2113111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencanasiswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan yangberjumlah 290 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-4 yangberjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknikrandom sampling atau acak kelas.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one grouppre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihanberganda. Nilai rata-rata pre-test adalah 64,8 , sedangkan nilai rata-rata post-testadalah 77,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-testlebih tinggi daripada nilai pre-test.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dariperhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,49 selanjutnya dikonsultasikandengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telahdilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 6,49 > 2,03. Dengandemikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranberbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan membedakan fakta dan opinitajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | SK-2015 IND 156 |
| Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; fakta dan opini; tajuk rencana |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
| Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
| Last Modified: | 06 Sep 2016 10:12 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15538 |
