Pasaribu, Cinta (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TAJUK RENCANA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111013 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2113111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2113111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
2113111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2113111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
2113111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2113111013 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2113111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2113111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
2113111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2113111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencanasiswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan yangberjumlah 290 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-4 yangberjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknikrandom sampling atau acak kelas.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one grouppre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihanberganda. Nilai rata-rata pre-test adalah 64,8 , sedangkan nilai rata-rata post-testadalah 77,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-testlebih tinggi daripada nilai pre-test.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dariperhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,49 selanjutnya dikonsultasikandengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telahdilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 6,49 > 2,03. Dengandemikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranberbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan membedakan fakta dan opinitajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 156 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; fakta dan opini; tajuk rencana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 10:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15538 |