Pasaribu, Asher Liparawinto (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311009 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2113311009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
2113311009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2113311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2113311009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
21133110010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
21133110010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
21133110010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
21133110010 BAB I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
21133110010 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
21133110010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasX SMK Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun sebanyak 181 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 73,2, standar deviasi = 7,62, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 3 siswa (12%), pada kategori baik sebanyak 12 siswa (48%), pada kategori cukup sebanyak 9 siswa (36%), dan pada kategori kurang sebanyak 1 siswa (4%). Nilai rata-rata post-test 80,2 dengan standar deviasi = 7,14 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 5 siswa (20%), pada kategori baik sebanyak 16 siswa (64%), dan pada kategori cukup sebanyak 4 siswa (16%). Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, maka diketahui t0 sebesar 4,78. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan Dk = N-1, yakni 25-1, dari dk 24 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,06. Dengan demikian t0> ttabel yakni 3,30 >2,06 telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model inkuiri terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 188 |
Keywords: | Inkuiri, Menulis, Prosedur Kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15533 |