Ardiani (2015) PENGARUH MEDIA TELEVISI SI BOLANG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 38 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2102111003 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2102111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
2102111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2102111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
2102111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
2102111003 TABLE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2102111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
2102111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
2102111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
2102111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 38 Medan pada tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media televisi Si Bolang terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa sebanyak 216 siswa. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak satu kelas dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay dalam bentuk penugasan menulis teks deskripsi berdasarkan topik yang telah ditentukan. Dari hasil pengolahan data di lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 62,96 dan standar deviasi adalah 9,42. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 72,81 dan standar deviasi adalah 7,79. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 4,49 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 31. Pada tabel t dengan dk=31 diperoleh t_tabel=2,04. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika t_hitung > t_tabel yaitu 4,49 > 2,04, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media televisi Si Bolang berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 167 |
Keywords: | Media Televisi Si Bolang ; Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15531 |