Cahyani, Cut (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN MODEL (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111014 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2113111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
2113111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
2113111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
2113111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2113111014 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2113111014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111014 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
2113111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
2113111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini bejumlah 217 orang yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang diambil dengan teknik random sampling. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata atau mean sebesar 60 standar deviasi = 11,27 , dan standar error = 1,93 yang termasuk kategori baik sebanyak 8 orang (22,9 %), kategori cukup sebanyak 16 orang (45,7%), dan kategori kurang sebanyak 11 orang (31,4%). Hasil postest diperoleh rata-rata atau mean sebesar 77, standar deviasi = 11,28 , dan standar error = 1,94 yang termasuk kategori sangat baik sebanyak 12 orang (34,3%), kategori baik sebanyak 15 orang (42,9%), dan kategori cukup sebanyak 8 orang (22,8%). Dari uji data hasil kelas pretest dan postest didapat dua hasil yang berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 6,20. Setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan 5% dengan df = N-1= 35-1 = 34 dari df 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04, karena to diperoleh thitung >ttabel yakni 6,20 > 2,04 maka hipotesis nihil (ditolak) dan hipotesis alternatif (diterima). Dapat disimpulkan bahwa, adanya pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran penemuan (discovery learning) terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 024 |
Keywords: | unsur intrinsik cerpen; discovery learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15513 |