Putri, Utary Eka (2015) PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANOMBEIAN PANEI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111090 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2113111090 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2113111090 PREFACE.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
2113111090 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
2113111090 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2113111090 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2113111090 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2113111090 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2113111090 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2113111090 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Panombeian Panei Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Panombeian Panei Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 122 orang dan sampelnya adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Panombeian Panei. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel secara Purposive Sampling, terpilih satu kelas dengan jumlah siswa 31 orang. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test-and post-test design. Instrumen yang digunakan dalam Penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan menulis sebuah karangan narasi. Dari hasil pengolahan data yang di dapat dari lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 66,12 dan standar deviasi adalah 6,47. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 83,22 dan standar deviasi dalah 7,35. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa sebelum penerapan media komik (pre-test) dan setelah penerapan media komik (post-test).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 9,60 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 30. Pada tabel t dengan dk=30 diperoleh t_tabel=2,75 . Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika t_hitung > t_tabel yaitu 9,60 > 2,75, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis aternatif) diterima.Kesimpulan dari Penelitian ini adalah pembelajaran menulis dengan menggunakan media komik berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Panombeian Panei Tahun Pembelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Media Komik, Menulis, Karangan Narasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 039 |
Keywords: | Media Komik; Menulis; Karangan Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15505 |