Siregar, Salbiah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTAPINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2112111015 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
2112111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
2112111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2112111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2112111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2112111015 TABLES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2112111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2112111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2112111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2112111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kotapinang tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini bejumlah 258 orang yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang diambil dengan teknik random sampling. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata atau mean sebesar 63,25,standar deviasi = 6,85 , dan standar error = 1,097 yang termasuk kategori baik sebanyak 3 orang (7,5 %), kategori cukup sebanyak 28 orang (70%), dan kategori kurang sebanyak 9 orang (22,5%). Hasil postest diperoleh rata-rata atau mean sebesar 81 ,standar deviasi = 6,44 , dan standar error = 1,03 yang termasuk kategori sangat baik sebanyak 8 orang (20%), kategori baik sebanyak 27 orang (67,5%), dan kategori cukup sebanyak 5 orang (12,5%). Dari uji data hasil kelas pretest dan postest didapat dua hasil yang berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 11,83. Setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan 5% dengan df = N-1= 40-1 = 39 dari df 40 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02, karena to diperoleh thitung >ttabel yakni 11,83 > 2,02 maka hipotesis nihil (ditolak) dan hipotesis alternatif (diterima). Dapat disimpulkan bahwa, adanya pengaruh yang signifikan atas penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kotapinang Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 001 |
Keywords: | discovery learning; teks eksplanasi kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15499 |