Yunita, Rika (2015) PENGARUH TAYANGAN TELEVISI LIPUTAN 6 SCTV TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113311060 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2113311060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2113311060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2113311060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
2113311060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2113311060 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2113311060 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2113311060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
2113311060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2113311060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan tayangan televisi liputan 6 sctv terhadap kemampuan menulis teks diskusi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 285 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-5 yang berjumlah 30 orang siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata = 69,1, standar deviasi = 6,4, dan termasuk pada kategori baik dan cukup, yakni 46,67 % dari kategori baik dan 53,33% dari kategori cukup. Sedangkan hasil post-test dengan rata-rata = 78,83, standar deviasi = 8,43, dan termasuk pada kategori sangat baik, baik, dan cukup, yakni 33,33% dari kategori sangat baik, 60% dari kategori baik, dan 6,67% dari kategori cukup. Dari uji data pre-test dan post-test diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data pre-test diperoleh Lhitung< Ltabel atau 0,07 < 0,161 dan data post-test diperoleh Lhitung< Ltabel atau 0,14 < 0,161. Sedangkan dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen yaitu Fhitung< Ftabel atau 1,73 < 1,84. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperolehlah t0sebesar 4,98. Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = 30, maka diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4,98 > 2,04, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan tayangan televisi “Liputan 6 SCTV� memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 006 |
Keywords: | Media Pembelajaran; tayangan televisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15497 |