Sinaga, Juli Antasari (2014) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN ASESMEN OTENTIK BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126172021 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8126172021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 8126172021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 8126172021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 8126172021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 8126172021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7. NIM. 8126172021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 8126172021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8126172021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (831kB) | Preview
13. NIM. 8126172021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 8126172021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan penguasaan konsep matematika siswa kurang memuaskan, dan orientasi pembelajaran matematika yang terjadi selama ini kurang menekankan pada usaha memampukan siswa mengonstruksi pengetahuan, sehingga siswa kurang memahami konsep dan tidak mampu memecahkan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini dikembangkan suatu perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang dapat memampukan siswa mengonstruksi pengetahuan matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan perbandingan dan skala untuk siswa kelas VII SMP.
Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berdasarkan masalah dengan mengacu model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran pada 34 siswa SMP Negeri I Siantar dengan empat kali pertemuan. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one group pretest-posttest design.
Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pembelajaran, buku ajar siswa, buku petunjuk guru, lembar aktivitas siswa, tes pemahaman konsep, dan instrumen asesmen otentik telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) persentase banyak siswa yang memahami konsep minimal sedang adalah 85,29% dari 34 siswa yang mengikuti tes. (ii) ketercapaian prosentase waktu ideal untuk setiap kategori aktivitas siswa dan guru, (iii) rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,54, termasuk kategori baik, (iv) respons siswa dan guru terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sin p |
Keywords: | Hakikat belajar; Pembelajaran matematika; Keefektivan pembelajaran; Aktivitas belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:28 |
Last Modified: | 06 Apr 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1549 |