Ritonga, Rini Prima S. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
2113111067 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2113111067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
2113111067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
2113111067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2113111067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2113111067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2113111067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2113111067 BAB I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
2113111067 BAB V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2113111067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu penelitian yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kemudian mengetahui pengaruhnya dari hasil belajar atau prestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 170 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes esai memproduksi sebuah teks negosiasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan. Dalam hal ini diperoleh nilai rata-rata di kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran ekspositori) = 69,2, standar deviasi 7,31, sedangkan nilai rata-rata di kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran berbasis masalah) = 78,8, standar deviasi = 6,67. Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal yaitu Lhitung < Ltabel atau 0,11 < 0,16 untuk kelas kontrol dan juga untuk kelas eksperimen data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel (0,05) atau 0,09 < 0,16. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dengan Fhitung < Ftabel (0,05) yakni 1,2 < 1,84. Sehingga hipotesis penelitian ini diterima dengan thitung > ttabel (0,05), yakni 5,22 > 1,70. maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H¬a) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan daripada model pembelajaran ekspositori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 801.959 071 2 Rit p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; memproduksi; teks negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15487 |