PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/201

Ginting, Lea Christianna (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/201. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103111039 COVER.pdf]
Preview
Text
2103111039 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2103111039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2103111039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2103111039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2103111039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
2103111039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
2103111039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2103111039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 BAB I.pdf]
Preview
Text
2103111039 BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 BAB V.pdf]
Preview
Text
2103111039 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 2103111039 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
2103111039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabanjahe sebanyak 320 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunkan adalah tes essai.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 65,38 standar deviasi = 13,37, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 2 siswa (5%), kategori baik sebanyak 10 siswa atau 25%, cukup sebanyak 19 siswa atau 47,5%, kategori kurang sebanyak 9 siswa atau 22,5% . Nilai rata-rata post-test 75,13, dengan standar deviasi 10,65 dan termaksud kategori sangat baik 2 siswa atau 5%, dan termaksud kategori baik sebanyak 22 siswa atau 55% dan kategori cukup sebanyak 14 siswa atau 35%, dan kategori kurang sebanyak 2 siswa atau 5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatan dalam distribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, maka diketahui t_0 sebesar 3,56 . Selanjutnya t_0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan Dk = N-1, yakni 40-1, dari dk 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02. Dengan demikian t_0 > t_tabel yakni 3,56 > 2,02 telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (H_a) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 801.959 071 2 Gin p
Keywords: Inkuiri; menulis; eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 06:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15481

Actions (login required)

View Item
View Item